Ini Panduan Membeli Rumah yang Ideal Agar Tak Menyesal

Memiliki rumah memang jadi impian semua orang, terutama pasangan yang baru menikah. Untuk keluarga baru ini banyak hal yang perlu diperhatikan agar saat membeli sebuah rumah nanti tidak menjadi penyesalan. Cara membeli rumah baik baru maupun bekas memang saat penting untuk diketahui, terutama bagi Anda yang sedang mencari hunian yang nyaman dan ideal.

Memang, memiliki rumah sesuai impian ini bukan perkara yang mudah. Mengingat biayanya yang tidak sedikit, harus diperhatikan betul-betul agar dana yang dimiliki tidak menjadi sia-sia akibat dari kurangnya pengetahuan. Dengan berbekal membaca artikel di situs Desain Rumah Modern ini, diharapkan dapat berguna untuk Anda saat mencari rumah impian.

Cara Membeli Rumah yang Sehat dan Nyaman

Kriteria rumah sehat untuk keluarga

Adapun beberapa ciri-ciri rumah yang sehat yaitu memiliki beberapa kriteria berikut ini;

  • Rumah harus memiliki luas yang cukup untuk beraktifitas anggota keluarga, termasuk tempat bermain anak
  • Rumah tinggal harus memiliki kemampuan melindungi dari bisingnya kendaraan secara berlebih agar kesehatan pendengaran tetap baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang
  • Aliran udara harus sempurna dengan memiliki sistem ventilasi yang baik, sirkulasi udara yang baik sangat penting untuk kesehatan penghuninya
  • Pencahayaan di dalam rumah harus cukup dan nyaman, baik itu pencahayaan alami dari sinar matahari maupun cahaya dari lampu/nyala api
  • Mampu melindungi penghuninya dari perubahan cuaca ekstrim, umumnya temperatur kamar 22°C – 30°C untuk daerah tropis

Tips cara membeli rumah ideal 2020

Kondisi keuangan yang aman

Hal ini sangat krusial. Sebab dana yang dimiliki menjadi penentu seperti apa rumah yang akan dibeli nantinya. Ketika sudah berhasil mengumpulkan dana untuk pembelian rumah, pastikan dana tersebut benar-benar cukup untuk pembayaran rumah dan hal lainnya. Anda juga perlu memastikan bahwa setelah rumah dibeli, masih ada dana untuk kehidupan sehari-hari. Jangan sampai pembelian rumah yang dilakukan malah membebani kebutuhan lain yang harusnya lebih penting. Pastikan kondisi keuangan Anda aman saat akan membeli rumah baru.

Menentukan cara pembelian rumah

Ketika sudah berniat dan memiliki dana yang cukup untuk pembelian sebuah rumah, selanjutnya adalah memikirkan bagaimana cara pembelian yang diinginkan. Tentukan Anda akan membeli rumah dengan tunai/cash atau dengan cara pembayaran tempo. Jika Anda memiliki uang yang benar-benar cukup, sebaiknya belilah rumah dengan cara cash. Sebab pembelian rumah secara kredit akan memberatkan Anda nantinya. Namun jika dana yang dimiliki tidak mencukupi, pembayaran tempo bisa dipilih. Namun pastinya dengan berbagai pertimbangan yang baik dan pengetahuan yang cukup.

Jangan menunda lagi

Karena rumah atau disebut papan adalah kebutuhan dasar yang sangat pokok, memiliki rumah menjadi hal yang wajib bagi sebuah keluarga. Tinggal di rumah sendiri tentunya akan lebih nyaman seperti apapun kondisinya. Jika dana yang dimiliki sudah mencukupi, segeralah membeli rumah yang Anda inginkan. Sebab harga properti akan terus naik tiap tahun dan jangan sampai tunggu harga naik. Jangan menunda membeli rumah, lebih baik beli rumah sederhana asalkan sudah memadai dan sesuai kriteria rumah yang sehat dan nyaman untuk ditinggali.

Lokasi yang strategis

Ini juga sangat penting. Lokasi yang dipilih harus memudahkan akses untuk kemanapun. Dekat dengan tempat kerja, sekolah untuk anak-anak dan dekat menuju pusat perkotaan. Aktifitas seluruh anggota keluarga akan berjalan lancar apabila akses menuju jalan raya semakin mudah. Tak harus di pusat kota asalkan di pinggiran kota masih memiliki akses yang mudah jangan ragu untuk diambil.

Menentukan tipe rumah

Menentukan tipe rumah sesuai kebutuhan harus ditentukan sejak awal. Pilihlah rumah yang cocok untuk ditempati seluruh anggota keluarga. Selain itu juga harus menentukan mau model bertingkat atau tidak. Harus juga diperhatikan gaya arsiteksurnya sesuai selera Anda. Cara membeli rumah ini sangat penting diketahui baik saat akan membeli rumah baru maupun bekas.

Memilih developer terpercaya

Pernah dengar kasus orang tertipu saat beli rumah? Uang raib rumah tak didapat. Hal ini karena gegabah saat membeli rumah dan tertipu developer abal-abal. Pilih pengembang yang memberikan layanan lengkap dan sudah dijamin aman. Proses pembelian rumah akan semakin lancar dengan kerjasama yang baik.

Pelajari izin pembangunan

Masih ada kaitannya dengan poin di atas, mempelajari izin pembangunan rumah sangat penting agar tidak tertipu developer nakal. Periksa keabsahan sertifikat rumah sebelum menyerahkan pembayaran. Bisa perlu Anda menggandeng notaris agar mendapatkan kekuatan dari sisi hukum. Jangan sampai perizinan rumah mempersulit dikemudian hari sehingga membuat Anda menyesal telah membeli rumah.

Itu dia beberapa tips cara membeli rumah ideal agar tak menyesal. Baik saat membeli rumah baru maupun rumah bekas, tetap harus dengan berbagai pertimbangan agar dana yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Tags: cara membeli rumah cara membeli rumah dengan gaji kecil tips membeli rumah

Posting Terkait "Ini Panduan Membeli Rumah yang Ideal Agar Tak Menyesal"

Tips Bangun Rumah di Lahan Miring: Desain & Pondasi
Desain rumah di lahan miring bisa dibilang
Tips Investasi Rumah untuk Pemula yang Cepat Menguntungkan
Properti adalah instrumen investasi yang sudah lama