Tips Bangun Rumah di Lahan Miring: Desain & Pondasi

Desain rumah di lahan miring bisa dibilang cukup berbeda dari rumah-rumah pada umumnya. Sebab rumah yang berada di tanah miring harus serta mengikuti kontur tanahnya. Jika awalnya lahan miring ini tak terlalu disukai untuk membangun rumah, namun trend belakangan ini berubah. Lahan miring justru banyak dicari karena bisa dibangun rumah yang unik dan berbeda.

Akan tetapi, membangun rumah pada lahan yang miring juga tak semudah di lahan yang datar. Dibutuhkan pengetahuan dan ilmu khusus agar lahan miring bisa tercipta rumah yang indah sesuai fungsinya. Anda harus mengetahui tantangan-tantangan ini agar proses pembangunan rumah bisa seperti yang diharapkan.

Perlu Anda ketahui, rumah unik di lahan miring juga bisa menjadi daya tarik sendiri. Untuk Anda yang suka investasi rumah, membangun rumah di lahan miring ini bisa memiliki nilai jual yang tidak biasa. Tentunya membangun rumah di lahan seperti ini bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Cara Bangun Rumah di Lahan Miring

Berikut ini adalah beberapa hal yang penting diperhatikan saat akan mulai proses pembangunan:

  • Perhatikan kualitas tanah

Banyak tanah miring yang bertekstur lembek dan tidak stabil. Untuk membangun hunian di tanah miring, sebaiknya pilih kontur tanah yang padat dan tidak lembek. Tanah yang lembek bisa membuat bangunan tidak berdiri kokoh sehingga rawan roboh suatu saat.

  • Tentukan tingkat kemiringan

Anda harus menentukan kemiringan dan akan dibuat seperti apa desain rumah nantinya. Apakah rumah akan dibuat miring ke depan, ke belakang atau ke samping. Setelah menentukan kemiringannya, buatlah desain rumah yang pas dengan kondisi lahan yang ada. Kemiringan yang baik yaitu dibuat bagian depan rumah lebih rendah dibanding belakang rumah. Hal ini juga dapat membuat rumah berdiri semakin kokoh.

  • Rumah bertingkat

Buatlah rancangan desain yang tepat untuk rumah dengan tanah miring. Kebanyakan para ahli menyarankan untuk membuat rumah dengan desain bertingkat pada lahan miring. Hal ini juga bisa membuat biaya lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk meratakan tanah. Tak terlalu banyak lahan yang akan dirubah saat proses pembangunan jika rumah dibuat bertingkat. Selain itu, rumah minimalis 2 lantai juga akan menambah nilai estetika pada rumah Anda.

  • Fondasi yang kokoh

Bukan hanya bangunan di tanah miring, semua bangunan rumah juga harus memiliki fondasi yang cukup kokoh untuk menopang beban rumah. Namun khusus pada lahan miring, perhatikan hal ini baik-baik. Fondasi rumah harus dibuat sekuat mungkin agar bisa lebih seimbang di tanah yang miring. Kedalaman fondasi juga harus diperhitungkan apalagi jika dibuat desain bertingkat.

Contoh Gambar Desain Rumah di Lahan Miring

Desain Rumah Tanah Miring ke Belakang

Rumah Tanah Miring ke Samping

Desain Rumah dengan Tanah Miring ke Depan

Tanah Miring untuk Bangun Rumah

Itulah beberapa contoh desain rumah di tanah miring dan tips membangun rumah di kontur tanah yang miring. Semoga bisa bermanfaat dan Anda bisa mulai proses pembangunan.

Posting Terkait "Tips Bangun Rumah di Lahan Miring: Desain & Pondasi"

Inspirasi Desain Interior Rumah Minimalis untuk Ruang Tamu & Kamar
Tak perlu khawatir dengan ruangan yang kecil
Bangun Rumah? Ini Desain Rumah Modern Minimalis Terbaru
Desain rumah modern melambangkan gaya hidup jaman
Model Keramik Lantai & Dinding Kamar Mandi Terbaru
Model keramik lantai & dinding kamar mandi
Tips Investasi Rumah untuk Pemula yang Cepat Menguntungkan
Properti adalah instrumen investasi yang sudah lama