Motif Wallpaper Dinding Kekinian agar Rumah Tampak Mewah

Belakangan ini, peminat wallpaper dinding memang kian meningkat. Hal ini karena cara pemasangan wallpaper yang mudah dan tak perlu banyak tenaga. Cukup ditempel, tampilan rumah semakin baru dan kekinian. Motif wallpaper dinding minimalis untuk ruang tamu dan kamar tidur juga banyak pilihannya. Berbeda dengan proses mengecat tembok yang ribet dan lama, pemasangan wallpaper terbilang sangat mudah dan biayanya pun sangat terjangkau.

Meski begitu, penggunaan wallpaper minimalis untuk dinding rumah juga tak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang penting diperhatikan agar tak salah pilih saat menentukan untuk memasang wallpaper. Karena itu simak terus artikel dari desainrumahmodern.com berikut ini.

Motif Wallpaper Dinding Terbaru Minimalis

Pelapis Dinding Wallpaper

Kelebihan wallpaper selain murah dan terjangkau, juga dapat melindungi tembok sehingga tak perlu mengecatnya berkali-kali. Beragam motif yang meningkatkan nilai estetika ini dapat bertahan hingga berpuluh tahun lamanya. Asalkan dirawat dengan benar, wallpaper yang menempel bisa awet dan tidak pudar.

Tips Gunakan Wallpaper untuk Pertama Kali

Jika Anda berniat menggunakan pelapis dinding wallpaper, ada beberapa tips yang penting diketahui agar pemasangannya tepat. Berikut tipsnya;

#Sesuaikan dengan gaya runangan

Model Wallpaper Dinding Minimalis Terbaru

Dalam setiap interior desain, apapun harus menyesuaikan dengan konsep ruangan. Terlebih untuk ruang tamu, sebab area ini akan dilihat oleh banyak orang dan mempengaruhi kenyamanan tamu yang berkunjung. Jika gaya ruangan kasual, pilih motif simple yang tak terlalu rame. Untuk gaya ruangan tradisional, pilih motif yang rumit, serta mengkombinasikannya dengan furniture minimalis berbahan kayu. Perpaduan yang tepat menghasilkan ruangan yang segar dan nyaman.

#Backing kertas yang bagus

Wallpaper Dinding Terbaru Minimalis

Memilih backing kertas penting saat memutuskan membeli wallpaper pelapis dinding. Pilih material yang bisa dilepas sepenuhnya ketika Anda menginginkan perubahan. Atau bisa memilih becking kertas dari non anyaman karena bisa dipasang dengan mudah. Pastinya lebih menghemat waktu dan tenaga. Tanyakan pada penjual seputar backing kertas yang dipakai pada pilihan wallpaper yang ada.

#Motif yang tepat

Motif Wallpaper Terbaru Pelapis Dinding Kekinian

Motif gambar wallpaper dinding memang banyak sekali pilihannya. Tapi ingat, Anda tak bisa asal pilih hanya karena tak mau ribet. Pastikan hanya memilih motif yang telah dipikirkan matang sebelumnya. Jika baru pertama kali menggunakan wallpaper, disarankan tidak memilih wallpaper dengan pola yang kecil. Pola datar atau tekstur dapat  dipertimbangkan. Sebab pola bertekstur dapat memberi tampilan yang kasual pada sebuah ruangan, sedangkan pola datar akan menjadikan dinding tampak lebih halus.

#Ukur terlebih dulu

Ukuran & Motif Wallpaper Dinding

Sebelum membeli wallpaper untuk dinding ruang tamu maupun kamar rumah, wajib mengukur luas dinding yang akan dipasangi. Perhatikan juga ada berapa pintu dan jendela pada ruangan dan luas masing-masing. Dengan begitu Anda bisa menentukan berapa banyak wallpaper yang harus dibeli, jadi tidak kurang atau pun jika ada sisa tidak terlalu banyak. Periksa & tanyakan gulungan wallpaper pada penjual untuk mengetahui ukurannya saat membeli wallpaper.

Trik Menggunakan Wallpaper Dinding agar Awet & Tahan Lama

Perhatikan kerataan dinding

Kerataan dinding menjadi faktor utama awet atau tidaknya wallpaper yang dipasang. Dinding dengan permukaan yang rata, tentunya sangat baik jika dipasangi pelapis dan nantinya bisa awet dan bertahan lama. Jika permukaan dinding ruang tamu atau kamar tidak rata, jangan dipaksakan untuk dipasangi wallpaper karena nantinya tidak akan awet. Lebih baik haluskan permukaan terlebih dahulu sebelum mulai pemasangan wallpaper.

Rutin bersihkan debu

Debu dan kotoran yang menempel juga akan berpengaruh terhadap keawetan pelapis dinding atau wallpaper. Jangan biarkan wallpaper menjadi kusam dan kotora hanya karena tidak rutin membersihkan debu. Debu yang menumpuk juga bisa membuat wallpaper mudah rapuh dan rusak.

Perhatikan proses pengeleman

Proses pengeleman wallpaper pada dinding harus sangat teliti agar semua permukaan dapat menempel dengan sempurna. Proses pengeleman yang baik dan merata akan menjadikan wallpaper lebih awet dan tahan lama. Jika saat mengelem kurang merata, maka akan ada bagian yang mengelupas dan membuat wallpapet tidak awet. Penempelan yang merata juga membuat dinding terlihat halus dan rapi.

Membersihkan noda membandel

Jika ada noda membandel yang menempel pada wallpaper, lebih baik bersihkan agar tidak merusak bagiannya. Perlu penanganan khusus untuk membersihkan noda bandel pada wallpaper minimalis, dan harus hati-hati agar tidak merusak permukaan. Salah satu cara yang bisa dipakai yaitu dengan menggunakan perasan jeruk nipis. Gunakan kain yang dibasahi dengan perasan jeruk nipis untuk membersihkan noda, usap perlahan agar kotoran terangkat.

Cara Membersihkan & Merawat Wallpaper yang Benar agar Tidak Rusak

  • Merawat wallpaper kertas

Bahan dan motif wallpaper dinding minimalis untuk kamar dan ruang tamu ada banyak sekali, salah satunya yaitu yang berbahan kertas. Wallpaper dari bahan kertas ini harus sangat hati-hati dalam perawatannya apalagi saat membersihkannya karena sangat rawan rapuh. Cara membersihkan wallpaper kertas yaitu dengan menggunakan kain lembut dengan cara diusap perlahan. Untuk area yang tinggi, gunakan sapu yang ujungnya diberi kain agar wallpaper tak robek terkena ujung sapu.

  • Merawat wallpaper kain

Jika wallpaper dinding rumah Anda berbahan kain, perhatikan tips berikut ini dalam perawatannya. Untuk wallpaper berbahan kain, cara membersihkannya bisa dengan cara saat membersihkan sofa di ruang tamu yaitu dengan menggunakan vacuum cleaner. Bersihkan dengan sikat halus secara perlahan jika terdapat noda membandel yang tak tersedot oleh vacuum cleaner.

  • Merawat wallpaper vinyl

Bahan vinyl pada wallpaper ada banyak kelebihan. Namun rupanya, bahan ini cukup sensitif sehingga harus hati-hati dalam perawatannya. Gunakan air hangat dan sabun khusus pembersih wallpaper dan usap perlahan menggunakan spons. Hindari penggunaan kain yang bersifat abrasif agar wallpaper vinyl tidak rusak.

  • Merawat wallpaper anyaman serat

Selain berbahan kertas, vinyl dan kain, wallpaper dinding juga ada yang terbuat dari anyaman serat. Bahan wallpaper jenis ini termasuk mengharuskan Anda rutin membersihkannya. Jika tidak rutin dibersihkan, maka debu akan menumpuk karena bahan ini sangat mudah dihinggapi kotoran.

Motif  Wallpaper Dinding Minimalis Terbaru Kekinian

Contoh wallpaper ruang tamu

Wallpaper Ruang Tamu Terbaru Minimalis

Wallpaper Dinding di Ruang Tamu Minimalis

Pelapis Dinding Wallpaper Ruang Tamu Terbaru

Ruang Tamu dengan Motif Wallpaper Minimalis

Motif Ruang Tamu Wallpaper Dinding

Contoh wallpaper kamar tidur

Wallpaper Kamar Tidur Unik

Kamar Tidur Wallpaper Minimalis Terbaru

Wallpaper Minimalis untuk Dinding

Itulah beberapa contoh motif wallpaper untuk kamar tidur dan ruang tamu minimalis. Dari sekian banyak motif, mana yang Anda suka??

Posting Terkait "Motif Wallpaper Dinding Kekinian agar Rumah Tampak Mewah"

Daftar Harga & Model Sofa Minimalis Terbaru untuk Ruang Tamu
Sofa adalah bagian dari interior desain yang
Inspirasi Desain Interior Rumah Minimalis untuk Ruang Tamu & Kamar
Tak perlu khawatir dengan ruangan yang kecil
Model Lampu Hias Gantung di Ruang Tamu & Kamar Tidur
Desain interior sebuah rumah memang cukup menarik
Rumah Cantik, Ini Model Pintu Kamar Rumah Minimalis Kekinian
Model pintu kamar rumah minimalis juga harus