Wajib Tau! Ini Jenis Atap Rumah Serta Kelebihan & Kekurangannya

Jenis atap rumah sangat mempengaruhi kenyamanan penghuninya. Sebab masing-masing jenis dari atap ini juga memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Selain melindungi penghuninya dari serangan panas atau pun hujan, atap rumah juga berfungsi sebagai keindahan dari sebuah desain rumah modern. Oleh karena itu, simak terus artikel di website ini sampai tuntas.

Jenis Atap Rumah Minimalis Kelebihan dan Kekurangan

Hingga saat ini, ada banyak sekali jenis atap yang biasa digunakan untuk sebuah rumah. Bisa pilih sesuai keinginan dan tentunya menyesuaikan budget yang dimiliki. Dalam memilih jenis atap, pastikan juga menyesuaikan dengan konstruksi rumah yang dibangun. Tentunya kualitas dari sebuah atap juga akan berpengaruh terhadap harganya. Atap yang berkualitas harganya cenderung mahal dan sebaliknya.

Berbagai jenis atap serta kelebihan & kekurangannya

Atap genteng tanah

Jenis Atap Rumah Genteng Tanah Liat

Ini adalah jenis atap rumah yang paling banyak digunakan di Indonesia. Genteng dari tanah liat sudah digunakan oleh banyak rumah dari desa hingga ke perkotaan. Hal ini karena memang ada beberapa daerah di Indonesia yang dikenal sebagai daerah penghasil genteng terbaik. Selain proses produksinya yang tergolong mudah, atap genteng tanah liat juga sangat mudah didapatkan. Harga yang terbilang masih sangat terjangkau menjadikan atap jenis ini jadi favorit masyarakat kita. Kelebihannya yaitu genteng dari tanah ini sangat adem dan sejuk terasa oleh penghuninya. Namun untuk memasang jenis atap ini dibutuhkan konstruksi rumah yang kuat karena strukturnya yang berat.

Atap genteng kaca

Atap Rumah Jenis Genteng Kaca

Dilihat dari namanya, sudah pasti jenis genteng ini tercipta dari material kaca. Genteng kaca juga banyak digunakan di rumah-rumah. Umumnya genteng jenis ini digunakan sebagai penerangan rumah di siang hari agar tak perlu menyalakan lampu ruangan. Selain itu ruangan yang menggunakan jenis genteng kaca juga terjaga karena tidak mudah lembab. Biasanya genteng kaca ini tidak digunakan full untuk sebuah rumah, karena jika digunakan penuh untuk satu rumah akan terasa silau di siang hari.

Atap genteng beton

Genteng Beton Atap Rumah Modern

Genteng yang terbuat dari beton juga mulai banyak digunakan. Tak berbeda dari genteng tanah liat maupun genteng kaca, hanya saja genteng beton tentu terbuat dari bahan beton. Untuk rumah dengan desain minimalis, atap genteng beton ini sangat cocok. Kelebihan dari atap beton ini yaitu tahan terhadap api, melindungi cuaca dan sangat kuat. Namun sama seperti atap genteng tanah liat, konstruksi rumah juga harus super kuat agar bisa dipasang dengan atap genteng beton.

Atap seng

Atap Rumah Seng Jenis Terbaru

Desainnya yang ringan menjadikan atap seng ini dipilih bagi sebagian orang ketika membangun rumah. Tersedia berbagai ukuran panjangnya sehingga bisa menyesuaikan dengan kondisi bangunan. Kelebihan dari jenis atap rumah ini yaitu tidak diperlukan konstruksi rumah yang sangat kuat. Pemasangannya yang mudah dan tak memerlukan banyak waktu menjadikan atap ini sangat hemat biaya. Kekurangnnya adalah, atap seng akan membuat penghuninya merasa gerah di saat musim panas tiba. Selain itu materialnya sangat mudah berkarat sehinnga harus rutin menggantinya. Jika tidak diganti, tentunya akan merusak keindahan sebuah rumah apabila dipandang.

Atap asbes

Jenis Atap Rumah Asbes Terbaru 2020

Bentuknya yang mirip dengan atap seng juga membuatnya sama-sama mudah dipasang. Ringan namun tidak menyerap panas, jadi membuat penghuninya tetap merasa adem pada saat cuaca panas sekalipun. Namun untuk jenis atap ini dikabarkan agak berisiko terhadap kesehatan. Hal ini dikarenakan atap berbahan asbes terbuat dari material karbon yang mudah terkelupas. Selain itu atap asbes juga rawan pecah dan sedikit sulit untuk perbaikannya. Namun harga yang masih terjangkau masih banyak orang yang menggunakan atap jenis ini.

Atap kanopi

Atap Kanopi Jenis Atap Rumah Modern Terbaru

Pemasangan atap kanopi sering ditemukan pada teras sebuah rumah. Untuk jenis ini biasanya pemasangannya dilakukan oleh jasa. Bentuknya yang unik menjadi keunggulan tersendiri dari jenis atap ini. Harga yang masih terjangkau sangat memuaskan karena ketahanannya yang terbukti awet. Namun untuk rumah tanpa ventilasi yang memadai membuat sebagian rumah tampak gelap karena adanya atap ini. Untuk atap sejenis seng juga agak mengganggu karena terbilang berisik ketika hujan turun.

Atap sirap

Atap Sirap Jenis Atap Rumah Terbaru Kkekinian

Atap sirap ini terbuat dari kayu. Bentuknya yang unik menjadikan atap ini terlihat sangat cantik untuk sebuah rumah. Tahan panas dan membuat penghuninya tetap merasa nyaman selama seharian. Adapun kekurangannya yaitu atap ini termasuk langka dan tergolong mahal. Pemasangan yang rumit dan membutuhkan perawatan yang teratur menjadikan atap jenis ini jarang ditemui.

Pengetahuan berbagai jenis atap rumah ini perlu diketahui jika Anda ingin membangun rumah. Penggunaan atap yang sesuai tentunya akan menambah keindahan rumah dan berfungsi secara maksimal.

Tags: harga atap rumah minimalis harga macam macam atap jenis atap rumah metal jenis atap rumah multiroof jenis seng atap rumah material atap bangunan memilih bahan atap rumah

Posting Terkait "Wajib Tau! Ini Jenis Atap Rumah Serta Kelebihan & Kekurangannya"

Inspirasi Desain Interior Rumah Minimalis untuk Ruang Tamu & Kamar
Tak perlu khawatir dengan ruangan yang kecil
Bangun Rumah? Ini Desain Rumah Modern Minimalis Terbaru
Desain rumah modern melambangkan gaya hidup jaman
Model Keramik Lantai & Dinding Kamar Mandi Terbaru
Model keramik lantai & dinding kamar mandi
Tips Bangun Rumah di Lahan Miring: Desain & Pondasi
Desain rumah di lahan miring bisa dibilang